Berbicara masalah makanan penambah berat badan anak, banyak referensi memberikan informasi yang berbeda-beda. Karena hal ini hanyalah pendapat dan asumsi belaka. Akan tetapi satu hal yang harus diperhatikan adalah semakin banyak asupan makanan yang masuk ke perut anak, semakin tinggi prosentase penambahan berat badan anak. Itu adalah kunci dasarnya. Jadi sebelum anda mengetahui jenis makanan yang baik untuk menambah berat badan anak, ada baiknya anda kenali terlebih dahulu kondisi anak anda.

Seperti apa karakter anak anda terhadap makanan, apakah dia suka makanan yang rasanya gurih, manis, cenderung masam dan lain-lain. Kenapa perlu mengetahui makanan kesukaan anak? Hal ini dimaksudkan untuk menambah selera makan sang anak. Misalnya jika anak anda cenderung suka makanan yang rasanya gurih, anda bisa lebih sering membuatkan makanan/masakan yang rasanya gurih dengan tidak mengesampingkan nilai gizinya. Anda bisa berganti menu makanan sebagai variasi agar anak tidak lekas bosan dengan menu masakan tertentu saja.

Akan tetapi terkadang orang tua tidak paham terhadap jenis makanan apa yang disukai anaknya, karena bisa jadi anaknya yang susah sekali makan sehingga orang tuanya susah mengenali apa jenis makanan kesukaannya. Jika kondisinya demikian, hendaknya anda memeriksakan ke dokter spesialis anak atau ahli gizi dikhawatirkan ada organ dalam anak anda yang mengalami masalah yang menyebabkan nafsu makan berkurang.
Cara lain yang bisa dicoba yaitu dengan memberikan suplemen penambah nafsu makan seperti madu gemuk anak IQ. Diharapkan dengan mengkonsumsi suplemen tersebut, nafsu makan anak anda akan meningkat. Meningkatnya nafsu makan anak biasanya sebanding dengan penambahan berat badan. Jika nafsu makan anak anda sudah stabil, maka bisa memberikan beberapa makanan penambah berat badan anak yang direkomendasikan oleh ahlinya. Diantara makanan yang dimaksud adalah seperti dibawah ini.

Makanan penambah berat badan anak

1.Susu
Susu bisa menjadi minuman sekaligus makanan bagi sang anak. Asupan pertama yang baik untuk menambah berat badan anak adalah susu. Yang paling baik adalah ASI namun susu formula bisa sebagai pengganti jika ASI bermasalah. Jika asupan susu banyak, maka akan sebanding dengan bertambahnya berat badan anak.

2.Alpukat
Alpukat bisa menjadi alternative sekaligus sebagai variasi makanan penambah berat badan anak. Alpukat merupakan buah yang banyak mengandung kalori sekaligus lemak yang baik untuk penambahan berat badan. Biasanya alpukat dibuat jus, anda bisa menambahkan susu secukupnya untuk menambah cita rasa jus alpukat.

3.Pisang

makanan untuk menambah berat badan anak
Pisang adalah salah satu buah yang juga banyak mengandung kalori. Buah yang rasanya manis ini banyak disukai anak. karena selain manis rasanya juga mudah dicerna.

4.Keju

makanan penambah berat badan anak
Keju bisa dijadikan makanan pendamping. Keju bisa dicampur dengan roti atau kue supaya citarasanya bervariasi. Banyaknya kandungan lemak pada keju juga sangat baik untuk menambah berat badan anak.

Beberapa contoh makanan penambah berat badan anak diatas hanya salah satu upaya yang bisa dilakukan agar berat badan anak bertambah.

Incoming search terms:

alpukat di campur keju bisa menambah berat badan bayi