Kegiatan makan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan tubuh selalu membutuhkan asupan makanan untuk kemudian dijadikan energi. Untuk kegiatan makan yang ideal pun harusnya dilakukan 3 kali dalam sehari. Namun seringkali terjadi kasus susah makan yang dialami oleh anak-anak. Jika anak susah makan, tentu yang kebingungan adalah orang tua. Oleh karena itu, jika para orang tua mengalami hal semacam ini dalam menghadapi anak. Maka untuk mengatasinya adalah dengan mengenali terlebih dahulu penyebab anak susah makan. Penyebab-penyebab tersebut yang bisa dijadikan patokan untuk mengatasi masalah susah makan pada anak.

penyebab anak susah makan
img source : roomtogrow.co.uk

Penyebab Anak Susah Makan Yang Harus Anda Kenali

Ketika anak susah makan, biasanya ada hal-hal yang memang menyebabkan mereka enggan makan. Hal ini yang harus dicermati oleh para orang tua. Sehingga para orang tua dapat menemukan solusi tepat untuk mengatasi masalah ini. Jika anda baru menjadi orang tua mungkin akan sedikit kebingungan bagaimana untuk mengembalikan anak agar tidak susah makan. Apalagi sang anak harus mendapatkan asupan makanan yang cukup untuk mendapatkan gizi yang cukup. Dalam ulasan berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab anak menjadi susah makan. Dengan mengetahui penyebabnya, anda akan menemukan solusinya dengan tepat.

  1. Penyebab kenapa anak susah makan, salah satunya adalah karena adanya masalah yang berhubungan dengan mulut ataupun tenggorokan. Hal ini bisa menjadi faktor yang menyebabkan sang anak enggan untuk makan karena merasakan ketidaknyamanan ketika mereka makan. Disamping itu, tampilan makanan menjadi salah satu faktor yang juga mendorong anak untuk malas makan. Tampilan makanan yang tidak menarik akan membuat anak kurang tertarik dan tidak berselera untuk menyantap makanannya. Oleh karena itu, untuk mengatasinya anda mungkin bisa membuat makanan yang dapat menggugah selera pada anak dan juga rasa serta tekstur yang menarik.
  2. Penyebab anak susah makan juga biasanya dipengaruhi oleh menu makanan yang membosankan. Jika setiap hari anak diberikan menu makanan yang sama tanpa variasi yang berbeda atau tampilan lain yang menggugah selera. Maka pantas saja jika anak menjadi bosan dan akhirnya susah makan. Hal ini perlu dicermati oleh para orang tua, agar memberikan menu makanan yang variatif kepada anak. Menu makanan yang membosankan membuat anak enggan untuk makan. Anda mungkin dapat mensiasati menu makanan yang sama namun tampilannya diubah. Jika perlu diolah menjadi menu makanan yang rasanya tidak dikenali oleh sang anak.
  3. Alasan kenapa anak menjadi susah makan ini difaktori oleh banyak hal. Salah satu penyebab anak menjadi susah makan adalah banyaknya camilan atau snack yang disediakan untuk anak. Camilan atau snack yang dimakan oleh anak tentu akan membuatnya merasa kenyang. Sehingga ketika waktunya makan, ia menjadi enggan untuk makan. Apalagi jika camilan yang disediakan berupa camilan manis. Ini akan membuat sang anak menjadi tidak berselera lagi untuk makan. Serta membuatnya kenyang lebih awal. Untuk menghindari anak susah makan, sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan camilan apalagi camilan manis sebelum anak makan.

Dengan mengetahui apa saja penyebab anak susah makan, maka para orang tua akan menemukan solusi untuk mengatasi masalah seperti ini. Pentingnya mengetahui penyebab kenapa anak susah makan adalah supaya para orang tua dapat mengambil tindakan yang tepat. Tidak jarang orang tua yang memaksa sang anak untuk tetap makan hingga membuatnya menangis. Sebagai orang tua, anda hanya perlu menjadi sedikit kreatif untuk bisa mensiasati menu makanan untuk anak. Agar anak selalu merasa berselera untuk mencicipi makanan yang anda sajikan. Semoga ulasan mengenai penyebab susah makan pada anak ini dapat bermanfaat dan memberi informasi untuk anda yang mengalami hal ini dalam menghadapi anak.